January 2020

Setelah BBM tiada, kemungkinan kita pun tidak akan melihat ponsel BlackBerry dalam jangka waktu cukup lama. Pasalnya BlackBerry dan TCL memutuskan untuk berpisah

Pengumuman itu disampaikan lewat akun Twitter milik BlackBerry Mobile. Keduanya bersepakat untuk mengakhiri kolaborasi bisnis yang terjalin sejak tiga tahun silam.

BlackBerry

“Kami menyesal harus mengabarkan pada tanggal 31 Agustus 2020, TCL Communication tidak lagi akan menjual perangkat seluler bermerek BlackBerry. TCL Communication tidak memiliki hak lebih lanjut untuk merancang, membuat, atau menjual perangkat seluler BlackBerry baru apa pun,” tulisnya.

Pun kerjasama keduanya berakhir, TCL akan terus memberikan dukungan untuk portofolio perangkat seluler yang ada termasuk layanan pelanggan dan garansi hingga 31 Agustus 2022 – atau selama diperlukan sesuai undang-undang setempat tempat perangkat seluler dibeli. Namun tidak disebutkan terkait pembaruan sistem operasi.

Di akhir pernyataannya, BlackBerry mengucapkan terima kasih kepada semua mitra, pelanggan, dan komunitas penggemar atas dukungan mereka selama beberapa tahun terakhir.

“Kami bersyukur telah memiliki kesempatan …

Read More

Image result for iwatch untuk wanita"

Beberapa tahun terakhir, desain smartwach menjadi jauh lebih modis dan kebanyakan hadir dengan model ‘netral’ sehingga cocok untuk cowok dan cewek.

Ketika semakin banyak rumah mode yang berkembang dengan teknologi terbaru, lahirlah smartwatch yang didesain khusus untuk cewek, seperti Fosil, Skagen, dan Kate Spade.

Apple salah satu perusahaan teknologi pertama yang membuat smartwatch yang ramah cewek dan berhasil membuat jam tangan cukup kecil untuk mereka yang memiliki pergelangan mungil.

Apakah kamu suka jam tangan yang chunky, ramping, atau gaya futuristik?

Berikut panduan untuk membeli smartwatch terbaik untuk cewek generasi milenial.

1. Smartwatch Terbaik untuk Cewek Secara Keseluruhan

Apple Watch Series 5 bisa menjadi pilihan tepat karena memiliki tampilan dinamis, cocok untuk wanita, serta fitur kebugaran yang sangat baik.

Smartwatch ini selalu terlihat lebih stylish dari versi sebelumnya.

Tidak ada smartwatch lain yang menawarkan variasi dan kustomisasi sebanyak ini, terutama jika menawarkan opsi yang ramah wanita.

Apple Watch menawarkan teknologi mutakhir …

Read More

Image result for galaxy s20"

Samsung tengah bersiap merilis seri flagship Galaxy S20 pada bulan depan. Informasi tentang smartphone tersebut semakin banyak beredar di ranah internet.

Dilansir GSM Arena, Minggu (19/1/2020), kali ini kembali muncul bocoran tentang spesifikasi Galaxy S20. Namun spesifikasi yang beredar merupakan seri Galaxy S20 varian 5G.

Galaxy S20

Galaxy S20 dilaporkan akan dilengkapi layar Infinity-O Dynamic berukuran 6,2 inci dengan resolusi 1.440 x 3.200 piksel. Terdapat lubang di layar sebagai tempat untuk kamera selfie dengan resolusi 10MP. Layar smartphone ini mendukung refresh rate 120Hz.

Smartphone dengan chipset Exynos 990 ini dilengkapi memori internal 128GB. Kapasitas penyimpanan bisa diperluas dengan kartu microSD. Dalam informasi ini tidak ada keterangan soal RAM.

Galaxy S20 akan memiliki tiga kamera belakang yaitu 12MP wide, 64MP telephoto dengan 3x optical zoom dan hingga 30x digital zoom, serta 12MP ultrawide.

Fitur-fitur lainnya termasuk stereo speaker Dolby Atmos oleh AKG, baterai 4.000mAh, ketahanan terhadap debu dan air dengan IP68, …

Read More

Para pelajar generasi Z yang lahir dan tumbuh di era digital membuat meraka lebih matang dan mandiri dalam hal pemanfaatan teknologi untuk membantu proses belajarnya. Mereka bahkan tahu bagaimana mendidik diri sendiri dan mencari informasi.

Penelitian Cambridge International melalui Global Education Census 2018 menunjukan bahwa siswa Indonesia sangat akrab dengan teknologi, bukan hanya dalam berinteraksi di media sosial tapi juga untuk kebutuhan pembelajaran.

Image result for teknologi dalam pendidikan"

Hasil penelitian itu bahkan menyebut siswa Indonesia menduduki peringkat tertinggi secara global selaku pengguna ruang IT/komputer di sekolah (40 persen). Lebih dari dua pertiganya (67 persen) menggunakan smartphone di dalam kelas, dan 81 persen untuk mengerjakan perkerjaan rumah (PR).

Fakta tersebut memiliki dampak besar pada lingkungan belajar-mengajar dalam dunia pendidikan saat ini, karena siswa (generasi Z) lebih dilengkapi teknologi, daripada umumnya guru (generasi X). Inilah yang lantas meningkatkan kompleksitas proses pendidikan–melibatkan pengajaran, bimbingan, dan pengawasan.

Itu sebabnya, pada kurikulum 2103 sekarang ini dilakukan Pembelajaran Berpusat Pada Siswa …

Read More

Image result for sinyal  ponsel"

Smartphone merupakan perangkat yang digunakan setiap hari. Untuk bisa mengakses informasi atau browsing internet, tentu pengguna harus memiliki koneksi yang baik.

Kendati demikian, terkadang sinyal ponsel menjadi lemah sehingga aktivitas berselancar di dunia maya menjadi terganggu. Beberapa beberapa tips untuk memperkuat sinyal ponsel adalah sebgai berikut:

Nyalakan dan Matikan Mode Pesawat

Metode ini mudah dan dapat dicoba untuk memperbarui sinyal Anda. Cara ini akan memaksa ponsel Anda untuk terhubung kembali ke jaringan seluler. Jika Anda berada di area yang seharusnya memiliki sinyal yang baik tetapi ponsel Anda tidak menunjukkannya, coba hidupkan dan matikan mode pesawat untuk memaksa ponsel untuk terhubung kembali.

Pilih Kembali Operator Jaringan Secara Manual

Cara ini hanya berfungsi untuk ponsel Android. Cobalah, buka “Pengaturan> Temukan Jaringan Seluler> Operator jaringan”. Ini akan memindai ulang untuk semua jaringan yang tersedia di wilayah Anda.

Lebih Dekat ke Jendela

Saat Anda berada dalam suatu gedung mungkin akan lebih susah mendapatkan sinyal. …

Read More

Image result for chip 5g"

Analis Ming-Chi Kuo menyebut perang harga di industri chip 5G sudah dimulai, dan Qualcomm adalah perusahaan yang memulainya.

Menurut Kuo, Qualcomm sudah mulai memotong harga chip 5G kelas menengahnya, yaitu Snapdragon 765. Langkah itu diambil setelah penjualan ponsel 5G kelas atasnya ternyata tak sesuai harapan.

Dengan memotong harga-harga chip 5G kelas menengah, Qualcomm tampaknya berharap agar semakin banyak ponsel 5G yang beredar di pasaran. Setidaknya itulah analisis dari Kuo.

Pemotongan harga chip 5G tersebut memaksa rival Qualcomm untuk ikut menurunkan harga chip 5G-nya, dalam hal ini adalah MediaTek yang menjual chip 5G yang bernama Dimensity. Akbatnya, margin keuntungan MediaTek diperkirakan bakal berkurang dari 40%-50% menjadi 30%-35%.

Dalam laporannya itu, Kuo menyebut Qualcomm kini memasarkan chip Snapdragon 765 5G dengan harga USD 40, atau turun USD 25-USD 30. Sementara chip Dimensity 1000 5G milik MediaTek biaya produksinya mencapai USD 45-USD 50, dan kini dijual dengan harga USD 60-USD 70.

Sebagai perbandingan, …

Read More

Microsoft akan menghentikan pembaruan Windows 7 pada 14 Januari 2020. Dengan demikian, pengguna tidak akan mendapatkan upgrade software atau tambalan keamanan.

Dengan demikian, peretas dan malware akan rentan masuk pada perangkat keras pengguna dengan versi OS tersebut.

Image result for Windows 10"

Bagi pengguna Windows 7, Microsoft mengimbau agar pengguna segera meningkatkan sistem operasi ke Windows 10. Ada beberapa alasan pengguna harus segera menggantinya, berikut ulasannya seperti dilansir dari laman The Windows Club.

1. Lebih Aman

Windows 10 diklaim dua kali lebih aman dibandingkan dengan Windows 7. Pengguna nantinya tidak hanya memiliki perangkat lunak Windows Security internal, tetapi juga dapat melindungi perangkat terhadap Ransomware menggunakan “Akses Folder Terkendali”.

Ini berarti bahwa file pengguna akan diamankan, dan tidak ada program tanpa akses yang dapat dimodifikasi.

2. Windows 10 Dukung Perangkat Keras Lama

Sistem operasi Windows 10 kompatibel dengan perangkat lama yang mungkin telah dirilis 10 tahun lalu. Persyaratan perangkat keras untuk Windows 10 tidak terlalu tinggi …

Read More

CEO NTT Communications Hendra Lesmana memprediksi serangan ransomware masih terjadi pada 2020. Jenis serangan siber satu ini melumpuhkan suatu sistem dan penggunanya tak bisa berkutik karena sistem telah ‘dikunci’ oleh peretas.

Ransomware adalah malware yang menerapkan metode enkripsi canggih sehingga file tidak akan dapat didekripsi atau dibuka tanpa kunci unik yang dipegang oleh peretas. Untuk membuka kunci tersebut, pengguna harus membayar dan akan dimintai sejumlah informasi.

Image result for ransomware"

“Ransomware secara spesifik sangat jahat menurut saya karena begitu masuk ransomware-nya, Anda sudah tidak bisa melakukan apa-apa. Semua akan dikunci, untuk membuka kuncian Anda harus bayar,” kata Hendra saat media briefing di Mood Coffee, Jakarta.

“Begitu Anda bayar, ada informasi tambahan yang Anda berikan di situ. Jadi, istilahnya seperti putaran spiral yang tanpa henti, sumur tak berdasar. Maka lebih baik jangan sampai kena karena banyak banget informasi yang digali,” sambungnya.

Menurut Hendra serangan ransomware biasanya menyerang lewat phising. Hal ini beriringan dengan data Kaspersky …

Read More

Teknologi ponsel bisa berkembang setiap waktu. Selang beberapa bulan ponsel terbaru bermunculan, tentunya dengan fitur-fitur yang semakin canggih.

Karena cepatnya perkembangan teknologi ponsel ini, Anda perlu memperhatikan apa yang benar-benar Anda butuhkan dari sebuah ponsel. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan membeli ponsel.

https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 10 57 2151566 5-hal-ini-perlu-anda-perhatikan-sebelum-membeli-ponsel-5DFWv4Odq3.jpg

1. Prosesor

Prosesor merupakan salah satu komponen paling penting saat membeli smartphone. Tidak perlu yang paling terbaru dan paling gahar. Anda harus memilih prosesor sesuai kebutuhan Anda dalam membeli smartphone.

Saat Anda mencari smartphone untuk berkomunikasi dan melakukan pekerjaan ringan cukup mencari ponsel dengan chipset menengah, contohnya Snapdragon 712 atau Exynos 9611.

Sementara itu, ketika Anda akan membeli ponsel untuk bermain game hingga penggunaan multi tasking, Anda perlu mencari ponsel yang hadir dengan prosesor andalan, contohnya Snapdragon 855+. Spesifikasi prosesor juga akan mempengaruhi budget yang Anda keluarkan.

2. Penyimpanan dan RAM

Penyimpanan dan RAM sangat penting, pasalnya ini akan berpengaruh pada seberapa besar Anda …

Read More

Image result for Windows 7"

Microsoft baru-baru ini memperingatkan kepada jutaan pengguna agar mereka melakukan upgrade ke PC Windows 10. Perusahaan akan menghentikan dukungan keamanan untuk Windows 7.

Dilansir Express, pada 14 Januari, Microsoft akan menghentikan dukungan Windows 7. Dengan demikian, pengguna yang masih memakai versi OS tersebut akan menghadapi risiko besar dari serangan cyber dan bugs software.

“Jika PC Anda menjalankan Windows 7, itu tidak akan lagi menerima pembaruan keamanan,” kata Microsoft.

Lebih lanjut perusahaan mengatakan tentang pentingnya pengguna meningkatkan ke sistem operasi modern seperti Windows 10. Windows 10 didukung dengan update keamanan terbaru untuk menjaga keamanan data pengguna.

Seperti diketahui, Windows 7 merupakan sistem operasi yang meluncur sejak 2009. Sistem operasi ini merupakan peningkatan untuk mengatasi kritik dari Windows Vista yang dinilai buruk.…

Read More